Oleh: sumadiklaten | 1 Oktober 2008

Buku Matematika SMK di Jerman

Senin, 15.0908, jam 8.30 waktu Jerman, semua peserta dari Afrika, Arab, dan Indonesia harus menempuh semacam placement tes untuk mengetahui kemampuan awal yang di bawa dari negara masing2.
 
Sorenya, saya keluar sebentar ke kota bareng pak Syahrir dan pak Sagana.  Untuk kedua kalinya saya ke toko buku talia.de di jalan Banhopf Straße.  Dari pada bingung nyari2, dengan bahasa jerman sekedarnya, saya langsung nanya petugasnya untuk dicarikan buku matematika untuk SMK.  Tak lama kemudian petugas datang petugas datang dengan membawa 3 buku matematika SMK, untuk ekonomi, teknik bangunan dan teknik mekanik.  Saya kemudian disilakan duduk di salah satu sudut toko   “Silakan dibaca2 dulu pak”, katanya. Wah…. disana terdapat sofa empuk dan meja baca! Suatu hal yang tidak pernah ada di toko buku di Indonesia, bila perlu bukunya disegel dengan plastik rapat2 dan ditulis: MEMBUKA SEGEL BERARTI MEMBELI! Alamak… gimana mau beli kalo belum tahu isinya?
 
Saya baca satu persatu buku tersebut secara garis besar. Karena merasa sangat perlu, Saya minta ijin untuk ditinggal aja oleh paka Syahrir dan pak Sagana, mereka pulang duluan.  Ada perbedaan yang mendasar dengan buku untuk gymnasium. Buku untuk SMK nggak pake kelas2an, sedangkan untuk gimnasium ada kelas 5, 6, 7 dan kelas 8, 9 10.  Selain itu matematika di sini materinya nggak banyak dan komprehensif seperti di Indonesia.  Hanya bab-bab yang berhubungan dengan kejuruannya saja yang dibahas, sehingga anak nggak ‘mblenger’ mempelajarinya.  Contoh2 soalnya pun sebagian besar adalah contoh soal aplikasi yang sangat relevan dengan kompetensi kejuruannya. Cuman, saya belum dapat informasi bagaimana cara pengajarannya.  Mudah2an nanti saya dapat tempat magang di SMK Negeri 1 Jerman, he he he.

Responses

  1. Halo Lek Madi…piye kabare nang Jerman…ojo lali oleh olehe yo…..Fotomu kurang nengah Lek…hehehehehe


Tinggalkan Balasan

Kategori

