Oleh: sumadiklaten | 3 Maret 2009

KARIR: Bagimana membinanya?

Sering kita mendengar orang merasa tidak enjoy dengan pekerjaannya atau ada pula orang yang sering sekali berpindah-pindah tempat kerja.  Bisa jadi alasan utamanya adalah karena ingin mendapatkan gaji yang lebih tinggi, atau ingin mendapatkan suasana kerja yang kondusif atau karena dia merasa pekerjaannya tidak sesuai, misalnya dengan harapan atau pendidikannya.

Apa yang dimaksud dengan pekerjaan yang sesuai? Pekerjaan yang sesuai adalah pekerjaan dimana seseorang merasa minat dan harapannya pada suatu pekerjaan tercapai dan pekerjaan itu membuatnya puas. Pekerjaaan yang sesuai berarti juga pekerjaan yang cocok dengan keterampilan seseorang, melindungi dan memungkinnya untuk berhasil. Semakin sesuai pekerjaan dengan harapan seserorang, maka semakin puaslah orang tersebut. Semakin sesuai seseorang dengan persyaratan kerjanya, maka ia semakin besar kemungkinan ia akan berhasil.

Sering berpindah tempat kerja mengakibatkan seseorang tidak bisa membina karirnya secara bertahap dan berkelanjutan dengan baik, karena setiap memasuki tempat kerja baru, dia harus merintis kembali karirnya dari awal. Berikut beberapa Tips untuk memilih pekerjaan yang sesuai dan membina karir yang berkelanjutan.

1.      Temukan bidang pekerjaan dambaan anda, bisakah anda memenuhi persyaratannya?

Jika anda sudah menemukan satu pekerjaan dambaan anda dan sadar/mengetahui kemampuan keterampilan anda, mulailah untuk merintis ke sana.  Saat ini yang anda butuhkan adalah informasi sebanyak mungkin tentang bidang pekerjaan tersebut. Selain itu, berdasarkan informasi tentang pekerjaan tersebut anda harus mampu untuk menguasainya. Pilih sekolah kejuruan/kursus yang sesuai dan mulailah untuk mempelajari dan berlatih semua seluk beluk bidang pekerjaan tersebut.

2.      Berapa banyak bidang pekerjaan yang anda temukan?

Adalah sangat tidak mungkin pekerjaan dambaan anda hanya dalam satu bidang saja! Dengan kata lain, seringkali diperoleh sederet daftar bidang pekerjaan yang anda dambakan.  Demikian pula dengan kemampuan/keterampilan anda: tentu anda bisa menggunakannya untuk bukan hanya satu bidang pekerjaan saja. Pikirkan sekali lagi, mengapa anda ingin mempelajari suatu bidang kejuruan tertentu.  Mungkin anda akan menemukan bidang pekerjaan lain yang dapat membuat anda puas.

3.      Dimana anda bisa memperoleh informasi?

Untuk mempersiapkan karir anda, anda harus mendapatkan banyak informasi tentang pekerjaan yang anda pilih. Adalah sangat merugikan jika anda salah memilih bidang pekerjaan.  Setelah anda mememulai sekolah/pelatihan/kursus kemudian di tengah proses anda harus menghentikannya, karena anda merasa bidang ini tidak sesuai. Pastikan anda memperoleh jawaban atas pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

·         dimana saya bisa mendapatkan informasi lebih lanjut tentang pekerjaan?

·         jika saya dalam keraguan, dimana saya bisa menemukan kepastian informasi?

·         dimana saya mendapatkan informasi sekolah/kursus yang menawarkan pelatihan yang saya perlukan?

·         berapa lama saya harus menempuh pelatihan di sekoah/kursus?

·         bagaimana cara mempersiapkan ujian sertifikasi bidang pekerjaan itu?

·         kapan pelaksanaan ujian yang paling dini yang mungkin saya ikuti?

·         bagaimana saya bisa melanjutkan pendidikan/pelatihan setelah palatihan ini atau setelah saya bekerja kelak?

4.      Prospek apa yang dimiliki bidang pekerjaan itu?

Pertanyaan ini tidak boleh anda lalaikan, hal ini penting juga untuk anda ketahui:

·         apakah setelah mengikuti pendidikan/pelatihan, saya akan dapat memeproleh tempat kerja?

·         bagaimana dengan kesempatan kerja: dapatkah saya tetap bekerja, mengembangkan diri, dan membangun karir?

·         jika karena suatu alasan anda tidak mau atau tidak bisa bekerja pada bidang itu lagi, apakah keterampilan dan pengetahuan yang  telah saya peroleh sekolah/pelatihan/ kursus dapat digunakan untuk bidang pekerjaan lain?

Dari kesemua uraian di atas, yang terpenting adalah anda menyukai pekerjaan itu dan bersikap/berpikir positif. Hanya degan kesukacitaan terhadap pekerjaan, anda akan berhasil mencapai kesuksesan. Semoga!

 

 

Referensi:

1.      Bundesagentur für Arbeit, 2008, Fragen zur Ausbildung: Wo gibt es Informationen?, www.arbeitsagentur.de

2.      IHK Magdeburg, 2008, Schule und was dann, Berufswahl: Wie gehen Sie Vor?, Magdebur: Weka info verlag gmbH.

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: