Oleh: sumadiklaten | 3 Maret 2009

PENDIDIKAN SISTEM GANDA DI MATA PERUSAHAAN DAN PESERTA DIKLAT

Pada tahun 1999, di Jerman terdapat 2,1 juta perusahaan, lebih dari separuhnya melaksanakan diklat internal di perusahaan.  Dari total perusahaan tersebut 23,3% atau hampir seperempatnya melaksanakan dikat.  Pada kenyataannya keikutsertaan dalam diklat kejuruan berkorelasi positif dengan ukuran perusahaan.  Berikut tabulasi jumlah perusahaan berdasarkan ukurannya dan prosentase perusahaan yang melaksanakan diklat kejuruan:

Jumlah karyawan

Jumlah perusahaan

Penyelenggara diklat (%)

1 – 9 orang

1.350.000

16,5

10 – 49 orang

225.000

46,9

50 – 49 orang

62.000

70,1

Lebih dari 500 orang

4.000

93,3

Sumber: Federal Employment Service (1999)

Terdapat banyak alasan mengapa dunia usaha dan industri (harus) berpatisipasi dalam penyelenggaraan diklat kejuruan.  Bundesinstitut für Bebrufsbildung (BIBB), lembaga federal Jerman untuk pendidikan kejuruan pada tahun 2000 melaporkan alasan-alasan tersebut:

Pertama, persuhaan menyelengarakan diklat adalah karena dengan diklat, karyawan bisa dikembangkan langsung pada lini kebutuhan perusahaan.  Data ini menyebutkan 94% dari perusahaan yang menawarkan pelatihan, pengetahuan/keterampilan ditransfer melalui sutu proses yang berorientasi praktis. Aplikasi langsung dapat diperoleh hanya dalam situasi nyata di perusahaan. Secara khusus, diklat di perusahaan dapat dikembangkan keterampilan sosial dan karakteristik pribadi yang dibutuhkan untuk sukses bekerja di sebuah perusahaan.

Kedua, 90% perusahaan tidak menemukan tenaga terampil dengan budaya kerja dan keterampilan yang dikehendaki di pasar kerja. Perusahaan-perusahaan ini melaporkan mengalami kesulitan untuk menemukan personal yang yang dibutuhkan melalui rekruitmen dari pasar kerja.

Ketiga, dari data terdapat 80% perusahaan dapat mencegah fluktuasi karyawan melalui penyelenggaraan diklat, karena karyawan mengembangkan ikatan dengan perusahaan mereka selama masa pelatihan.

Keempat, perusahaan berkesempatan untuk memilih peserta diklat terbaik sebagai karyawan perusahaan. Dari total perusahaan penyelenggara diklat, 74% memilih karyawan ari para peserta pelatihan terbaik.

Kelima, untuk menghindari kesalahan dalam pengambilan keputusan. Menurut 70% perusahaan,  memilih karyawan dari peserta pelatihan dapat mengurangi kemungkinan kesalahan dalam pengambilan keputusan, hal ini sangat mungkin terjadi bila rekrutmen dilakukan dari luar.

Keenam, 58% perusahaan menyatakan dengan menyelenggarakan pelatihan di dalam, perusahaan dapat mengurangi biaya pembinaan karyawan baru.

Ketujuh, 57% perusahaan dapat meningkatkan reputasinya melalui penyelenggaran diklat di perusahaan.

Kedelapan,  42% perusahaan menyatakan dengan diklat, peserta dapat berkembang menjadi karyawan yang produktif.

Kesembilan, 35% perusahaan menyatakan dapat mengurangi biaya rekruitmen karyawan dengan melaksanakan diklat di perusahaan.

Sudah semestinya suatu proses harus memberikan keuntungan kepada para pihak yang terlibat di dalamnya, termasuk proses pendidikan/pelatihan. Melalui pendidikan sistem ganda, selain dapat memberikan kemanfaatan bagi industri, ternyata ada juga manfaat yang dirasakan oleh peserta diklat. Institut für Jugendforschung, sebuah lembaga penelitian untuk masalah-masalah kepemudaan melaporakan lima pernyataan anak muda peserta diklat sebagai berikut:

1.      Saya menmperoleh pendidikan yang menarik dan bervariasi

2.      Pendidikannya praktis dan saya menerima pelajaran dengan teknik yang moderen

3.      Sambil belajar saya mendapat penghasilan

4.      Dengan belajar saya dapat menambah wawasan mengenai suatu bidang kerja tertentu

5.      Dengan sertifikat pelatihan saya memiliki kesempat pengembangan lebih lanjut dan kemudian dapat masuk ke perusahaan.

 

Referensi :

1.      Bundesagentur für Arbeit,  Beschaftigungsstatistik 1999,  www.arbeitsagentur.de

2.      Budesinstitut für Berufsbildung, 2000, Reasons Why Companies Offer Training, dalam Kumpulan Materi Pelatihan ILT.

3.      Indutrie- und Handelkammer, 2008, Schule und was dann, Berufswahl: Wie gehen Sie Vor?, Magdebur: Weka info verlag gmbH.

4.      Inwent, 2006, Ausbildungssystem in Deutschland, dalam Kumpulan Materi Pelatihan ILT.

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: